Minggu, 07 Juni 2009

Georgius Agricola


Georgius Agricola merupakan orang pertama yang menaruh perhatian serta mengadakan penyelidikan secara sangat mendalam pada ilmu pertambangan dan batu-batuan. Sesungguhnya ia seorang dokter, namun buku-buku yang ditulisnya tentang ilmu pertambangan sangat berpengaruh.
Agricola lahir dengan nama Georg Bauer di Glachau, sebuah kota kecil di perbukitan Erzgebirge Jerman. Ia tumbuh dewasa di jaman ketika umat manusia baru mengenal media ‘buku’. Ia belajar di beberapa sekolah Glauchau dan kota di dekatnya, Zwichau dan Magdeburg.
Ayahnya seorang tukang celu dan berdagang barang-barang wol. Georg baru bias masuk perguruan tinggipada usia 20 tahun. Namun, umur yang wajar untuk masuk perguruan tinggi saat itu adalah 12 sampai 15 tahun. Ia lulus dari universitas Leipzig di tahun 1515 dan melanjutkan bekerja di universitas itu dengan mengajar dasar-dasar bahasa yunani.
Saat itu juga ia mengganti namanya ke dalam bahasa latin. Baurer berarti petani dan dalam bahasa latin adalah Agricola.
Lalu Agricola melanjutkan pendidikan ke Italia. Di sana ia belajar ilmu kedokteran dan filsafat. Lalu menjadi sangat tertarik menyingkap kemungkinan adanya penyembuhan pada beberapa batuan(mineral) yang berlimpah ruah di kanmpung halamannya.
Ia kembali ke jerman sebagai seorang dokter dan menjadi ahli medis di Joanchimstahl sebuah kota yang kini bernama Jachymov, berada di wilayah Cekoslovakia. Joanchimstahl berkembang pesat menjadi salah satu kota pertambangan di Eropa dan terkenal sebagai penghasil perak. Mata uang perak buatan Joanchimstahl disebut Thaler, dan inilah asal muala kata dolar.
Kehidupannya di sana begitu melelahkan hingga akhirnya Agricola pindah ke Chemnitz, juga sebuah kota tambang yang agak lebih sepi. Di sini pengetahuannya tentang tambang digunakan dengan sungguh-sungguhdan dengan membeli saham-saham pertambangan yang menurutnya menguntungkan membuatnya menjadi salah satu diantara 12 orang terkaya di kota itu.
Ketenaran Agricola mejadikan ia terpilih sebagai pejabat ahli sejarah. Tetapi sebagai ilmuan, ia bersifat objektif daripada mengikuti kehendak para penguasa. Ia malah membongkar kesalahan yang dilakukan para penguasa sebelumnya. Hal ini membuat para penguasa tak menyukainya hingga buku-buku sejarah karangannya tidak bias terbit. Empat abad kemudian yaitu tahun 1963 barulah buku itu diterbitkan.
Ketenaran Agricola sangat menonjol dibidang Geologi. Karyanya yang terpenting adalah De Re Metallica yang secara sangat teliti menerangkan teknik-teknik pertambangan di jamannya.

By : Cahya Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Habis baca alangkah baiknya untuk memberikan comment..
silahkan comment disini..
ingat !!
dilarang spamming, bicara PORNO atau SARA